USIA DUNIA

Oleh: H. Mahmud Ahmad Cheema, Sy
Umat Islam umumnya berpendapat bahwa Imam Mahdi a.s. akan datang di akhir zaman, tetapi kini belum tiba waktunya, karena Imam Mahdi akan datang sebelum kiamat.

Maka oleh karena itu kita berkewajiban untuk mempelajari, telah berapa ribu tahun usia dunia ini, sejak nabi Adam a.s. sampai kini?  Dan kapan mulai akhir zaman, waktu datangnya Imam  Mahdi, dan apakah tanda-tandanya?


Untuk mengetahui hal ini Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, Imam Mahdi/Masih Mauud a.s., menulis dalam bukunya Tuhfah Golarwiyah halaman 245 sebagai berikut;
“Dan dalil kedua untuk akhir zaman ialah, bahwa kita ketahui dari surat Al Asr dalam alquran karim, bahwa zaman kita ini adalah ribu tahun yang keenam dari hazrat Adam a.s. yakni dari waktu lahir hazrat Adam sampai sekarang telah berlalu enam ribu tahun. Dan dalam hadits-hadits sahih juga ada keterangan bahwa dari sejak Hazrat Adam a.s. sampai akhir usia dunia ini adalah 7000 tahun.”

Beliau menulis lagi dalam halaman 252 sbb.:

“Allah SWT memberi tahu kepadaku melalui kasyaf, bahwa menurut hisab ilmu abjad kita ketahui dari bilangan surat wal-asri, bahwa sejak Adam a.s. sampai zaman mubarak Rasulullah saw. yakni zaman nubuwat beliau selama 23 tahun adalah 4739.  Ini menurut hisab qamariah, adapun menurut hisab Samsyiah masa itu adalah 4598 tahun.”

Beliau menulis lagi hal itu di pinggir sbb.:

“Menurut hisab itu kelahiranku terjadi sebelas tahun kurang dari enam ribu tahun.”

Kemudian beliau menulis lagi dalam buku tersebut halaman 245 dipinggir sbb.:
“Hakim Tirmizi meriwayatkan,dari Hazrat Abu Hurairah r.a. dalam Mawaderul Usul, Rasulullah telah bersabda, bahwa umur dunia ialah tujuh ribu tahun.”

Dan Hazrat Anas bin Malik r.a. meriwayatkan bahwa orang yang memenuhi kebutuhan seorang muslim lainnya dalam jalan Allah SWT maka orang itu akan ditulis seperti berpuasa di waktu siang dan beribadah di waktu malam, selama perkiraan umur dunia dan perkiraan umur dunia adalah tujuh ribu tahun.” (Lihat tarikh Ibnu Asakir).  Selanjutnya penulis itu meriwayatkan dari Hazrat Anas r.a. bahwa hal itu marfuan, yakni dari Nabi saw. Dan menerangkan bahwa umur dunia ini di antara hari-hari akhir ialah tujuh hari, yang menurut hisab ialah tujuh ribu tahun,

seperti firman Allah dalam alquran:
Yang artinya:  “Satu hari di sisi Allah sama dengan seribu tahun yang kamu hitung.”  (Al Hajj:  48)

Dan demikian pula Hazrat Abas r.a. meriwayatkan, bahwa umur dunia adalah tujuh hari, dan setiap hari adalah seribu tahun.
Hazrat Mirza Bashir Ahmad r.a. meriwayatkan, bahwa Hazrat Masih Mau’ud a.s. menulis dalam kitabnya Tuhfah Golarwiyah hal. 255 di pinggir sebagai berikut: “Aku dilahirkan 11 tahun kurang dari 6000 tahun sesudah Adam a.s.  Menurut Hisab ilmu abjad dari surah wal ashri usia dunia sampai zaman Rasulullah saw adalah 4739 tahun. Maka jika 6000 tahun dikurangi 11 tahun sama dengan 5989 tahun dikurangi lagi 4739 tahun, (ialah usia dunia sejak Adam a.s. sampai zaman Rasulullah saw) sama dengan 1250 tahun. Maka tepat pada tahun 1250 Hijrah bertepatan dengan tahun 1835 Masehi, adalah benar-benar waktu dilahirkannya Hazrat Masih Mau’ud a.s. ialah tanggal 23 Februari 1835 Masehi (Siratul Mahdi jld. III hal. 74-77).
Dan dalam hadits Misykat halaman 510, Rasulullah saw bersabda, bahwa Allah SWT menciptakan bumi, gunung, pohon, benda-benda yang tidak disukai, cahaya, hewan dan Adam ialah tujuh hari, dan menurut Alquran satu hari di sisi Allah sama dengan seribu tahun. Dengan demikian dapat dimengerti bahwa zaman setiap Adam adalah tujuh ribu tahun.
Dan juga Rasulullah saw. bersabda bahwa langit dan bumi juga diciptakan tujuh-tujuh.  Menurut semua penjelasan di atas, jelas bahwa bukti-bukti telah cukup dari Alquran dan Hadits, bahwa umur dunia sejak Adam kita sampai akhir dunia, ialah tujuh ribu tahun.  Dari tujuh ribu tahun umur dunia, kelahiran Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, Imam Mahdi/Masih Mauud a.s., ialah dalam akhir ribu tahun yang keenam, dan sekarang kita masuk dalam ribu tahun yang ke tujuh, ialah akhir zaman.
Maka jika terbukti kini sudah akhir zaman, dan semua umat Islam menunggu kedatangan Imam Mahdi, kita harus memperhatikan: Adakah tanda-tanda akhir zaman, dan bagaimana kesempurnaannya?
Dalam buku hadits Misykat halaman 469 ditulis bab Asratus saah (syarat-syarat qiamat) seperti tertulis di bawah ini:
  1. Ilmu agama akan terangkat
  2. Kejahilan akan meluas
  3. perzinahan akan banyak
  4. pemakaian minuman keras akan menjadi-jadi
  5. jumlah wanita akan lebih banyak dari kaum pria (Bukhari Muslim)
  6. harta kekayaan akan melimpah-limpah
  7. tanah di negeri Arab akan menjadi subur (muslim)
  8. Pemimpin bukan ahlinya
  9. Tersebar api (fitnah perempuan) manusia dikumpulkan dari negeri-negeri timur ke negeri-negeri barat (Bukhari)
  10. Masa akan menjadi berdekatan, setahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti sejam, dan sejam seperti panas bara. (Tirmidzi)
  11. Apabila khilafat akan turun di tanah suci, waktu itu akan terjadi gempa-gempa bumi, musibah-musibah dan perkara-perkara besar/perang besar.  (Alhamdulillah khilafat sudah turun di Qadian India, dan tanda-tandanya sudah terjadi sempurna)
  12. Harta rampasan akan dianggap harta kekayaan
  13. amanat akan dianggap sebagai rampasan
  14. zakat akan dianggap sebagai upeti
  15. ilmu pengetahuan akan dituntut bukan untuk kepentingan agama
  16. kaum pria akan taat kepada istrinya dan akan durhaka kepada ibunya dan akan lebih taat kepada temannya dan akan menjauhi orang tuanya
  17. suara-suara akan riuh di masjid-masjid
  18. orang kafir akan menjadi pemimpin kaum
  19. orang hina akan menjadi penggembala bangsa
  20. orang akan dihormati karena takut kepada kejahatannya
  21. penyanyi-penyanyi wanita akan berkembang
  22. alat-alat nyanyi akan banyak
  23. umat yang di belakang akan melaknat umat yang terdahulu
  24. orang laki-laki akan pakai sutra (Tirmidzi)
  25. Allah SWT akan membangkitkan seorang dari keturunanku yang maksudnya sama denganku, yang akan memenuhi bumi dengan keadilan. (Tirmidzi & Abu Daud)
  26. Imam Mahdi akan datang dari keturunan Siti Fatimah r.a. (Abu Daud)  (Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, Imam Mahdi a.s. adalah dari keturunan Siti Fatimah r.a. pen.)
  27. Imam Mahdi itu dari keturunan Nabi saw,, indah paras mukanya, bagus hidungnya, memenuhi muka bumi dengan kebaikan dan keadilan, berkuasa tujuh tahun (maksudnya akan dapat usia 70 tahun) (Abu Daud & Misykat 470) (Orang itu ialah Hazrat Mirza Ghulam Ahmad a.s. pen.)
  28. Imam Mahdi akan membagikan banyak harta (Tirmizi) maksudnya harta ilmu agama dan jasmaninya.
  29. Orang yang akan datang disebut orang tani dan ia akan memperbaiki keturunan atau umat Nabi Muhammad saw. setiap orang harus menolongnya dan menerimanya (Abu Daud dan Misykat 471)
  30. Hewan buas akan bercakap dengan manusia dan barang-barang yang tidak punya nyawa akan bercakap dengan manusia. (Tirmizi dan Misykat 471)
  31. Tanda-tanda (kedatangan Imam Mahdi a.s.) sesudah dua abad yakni sesudah 1200 tahun (Ibnu Majah)
Dan dalam buku hadits Misykat ada tulisan bab Alalamatu baina yadayissaah yakni tanda-tanda sebelum saah (qiamat) hal 472.:
  1. Kabut yakni disebabkan bom atom dll. Udara angkasa akan penuh kabut
  2. Dajjal yakni orang-orang atau kaum-kaum penipu akan jadi banyak
  3. Dabbatan yakni semut dari penyakit pes atau ta’un akan tersiar
  4. matahari akan terbit dari barat yakni agama Islam akan akan disebarkan di negeri barat
  5. Isa bin Maryam akan turun yakni Imam Mahdi a.s. akan datang
  6. Yajuj dan Majuj yakni kaum Rusia akan dapat kekuasaan besar (Muslim)
  7. Dajjal akan buta mata kanannya yakni agamanya tidak benar (Bukhari Muslim)
  8. Dajjal punya surga dan neraka dan sebenarnya surga yakni kekayaan dunia itu neraka (Bukhari Muslim dan Misykat 473)
  9. Dajjal akan bisa menurunkan hujan, bisa keluarkan khazanah-khazanah bumi, bisa memotong badan manusia dan menghidupkannya lagi
  10. Waktu itu Masih ibnu Maryam a.s, akan turun yakni Imam Mahdi a.s. akan datang
  11. Kafir akan mati dengan hembusan nafasnya yakni dengan bukti-bukti agamanya
  12. Hazrat Isa a.s. yakni Imam Mahdi a.s. akan membunuh dajjal di puntu lud yakni di kota Ludiana India
  13. Hazrat Isa a.s. yakni Imam Mahdi a.s. akan menjelaskan derajat mereka (yakni murid-muridnya) di sorga
  14. Hazrat Isa a.s. yakni Imam Mahdi a.s. akan menerima wahyu dari Allah SWT
  15. Hazrat Isa a.s. yakni Imam Mahdi a.s. tidak bisa lawan Dajjal dan Yajuj Majuj, hanya dengan doa dan bukti-bukti agamanya (Muslim dan Misykat 473-474)
Bab nuzulu isa alaihissalam yakni kedatangan Isa a.s. Misykat hal. 479:
  1. Hazrat Isa bin Maryam yakni Imam Mahdi a.s. akan datang sebagai Hakim dan Adil
  2. Beliau akan mematahkan salib dan akan membunuh babi yakni akan membatalkan agama kaum Kristen dengan bukti-buktinya
  3. Beliau akan membagikan harta ruhani yakni ilmu agama yang tidak akan diterima oleh banyak orang
  4. Beliau akan mengundurkan pajak yakni dalam waktunya tidak ada perang (Bukhari Muslim)
  5. Di waktu itu unta tidak dipergunakan lagi karena akan banyak kendaraan baru
  6. Di antara murid-muridnya ada kecintaan besar (Muslim dan Misykat hal. 480)
  7. Apabila Hazrat Isa a.s. yakni Imam Mahdi a.s. akan datang, beliau biasa akan sembahyang belakang murid-muridnya
  8. Apabila Hazrat Isa a.s. yakni Imam Mahdi a.s. akan kawin dan dapat anak-anak yang punya keahlian besar dalam hal agama
  9. Beliau akan dapat kuburan dekat Nabi saw yakni Alam Barzakh (diriwayatkan oleh Ibnu jauzi dan Misykat hal. 480)

KESIMPULAN

Dari semua keterangan yang ada di atas, sudah jelas bahwa usia dunia ialah tujuh ribu tahun dari Adam a.s. kita, dan sekarang kita sudah masuk dalam zaman akhir.  Dan tanda-tanda zaman akhir dan syarat-syarat/tanda-tanda qiamat sudah zahir.  Dan kedatangan Imam Mahdi a.s. yang termasuk syarat-syarat atau tanda-tanda qiamat juga sudah datang, yang namanya Hazrat Mirza Ghulam Ahmad a.s.
Karena itu berbahagialah orang yang takut kepada Allah SWT dan beriman kepada Imam Mahdi a.s. yang sedang menyebarluaskan agama Islam di seluruh dunia, dan hendaknya tidak termasuk di antara orang-orang yang ingkar karena menurut sejarah dunia atau agama, orang yang ingkar akan kebenaran ia selalu ada dalam keraguan dunia dan akhirat.

Wassalam
Yang amat lemah



H. Mahmud Ahmad Cheema

Jubilee Khilafat

Recent Posts

Love For All...

Ayaddahu Biruhil Qudus

Harap Kembali, pintu selalu terbuka.

Jazakumullah ahsanal jaza... Terimakasih atas kunjungannya, semoga diberkahi dan lain kali berkunjung kembali.