Iman Islam dalam Tafakkur

Mengapa saya Beriman pada Islam ?
Berikut ini adalah karya tulis dari Hazrat Mirza Bashiruddin Mahmood Ahmad-Khalifatul Masih II ra.
Saya telah diminta untuk memberikan alasan mengapa saya beriman pada Islam.
Ketika saya mengajukan pertanyaan untuk diri sendiri, balasan saya terima, untuk alasan yang sama yang saya percaya dalam hal yang lain, yang mengatakan, karena Islam adalah Kebenaran. Jawaban yang lebih rinci bahwa saya melihat pusat doktrin dari semua agama adalah keberadaan Tuhan dan hubungan manusia dengan-Nya, sehingga agama yang dapat berhasil dalam membangun hubungan yang benar antara Allah dan manusia haruslah agama yang benar, dan kebenaran iman yang berpondasikan keyakinan yang mantap untuk percaya di dalamnya.


Islam menyatakan bahwa Pencipta alam semesta ini adalah Allah yang Hidup dan bahwa Ia menyatakan dzat-Nya kepada makhluk-Nya pada zaman ini dengan cara yang sama di mana Dia mengungkapkan diriNya pada masa-masa sebelumnya. Klaim ini dapat diuji dengan dua cara: Allah langsung menampakkan tanda-tanda-Nya secara nyata, atau manusia dapat percaya pada Allah karena mengamati kehidupan orang yang telah dinyatakan Tuhan sendiri. Sebagai karunia Allah, saya adalah salah satu orang yang Allah telah berkenan memberikan banyak kesempatan dan dengan cara gaib diwahyukan sendiri. Aku berdiri tidak memerlukan alasan untuk lebih percaya kebenaran Islam selain bahwa saya telah mengalami kebenaran saya sendiri.

Untuk orang-orang yang tidak punya pengalaman yang sama, perkenankanlah saya memberikan beberapa alasan disamping pengalaman pribadi saya, yang telah menyebabkan saya percaya dalam Islam.




Pertama, saya percaya di dalam Islam dengan alasan tidak memaksa saya untuk menerima hal-hal yang oleh agama disebut dengan istilah doktrin tanpa dasar, tetapi dengan dasar rujukan yang meyakinkan untuk mendukung doktrin-Nya. Keberadaan Allah dan sifat sifat-sifat-Nya, malaikat, doa dan pengaruhnya, keputusan keilahian dan kejadian kerohanian, pnyembahan dan keperluannya, jalan-jalan suluk-Nya dan manfaat, dan pentingnya wahyu, kebangkitan dan kehidupan setelah kematian, surga dan neraka - dalam hal ini setiap orang Islam telah memberikan penjelasan rinci dan telah menegakkan kebenaran mereka dengan argumen yang kuat untuk memuaskan pikiran manusia.
Oleh karena itu, saya memberikan alasan tidak hanya dengan iman, tetapi juga dengan pengetahuan yang masuk akal dan berdasar pada logika yang aktual sehingga menuntut saya untuk mengakui perlunya agama.




Kedua, saya meyakini Islam tidak dengan sendirinya hanya berdasar pengalaman yang telah berlalu, tetapi juga mengajak semua orang kesebuah pengalaman rohani pribadi yang berdasar pada karunia-Nya dan terdapat jaminan dari-Nya. Ia menyatakan bahwa setiap kebenaran dapatlah diraih dalam beberapa cara termasuk berbagai ujian di dunia ini, dan dengan demikian saya memenuhi alasan.




Ketiga, saya percaya dalam Islam karena mengajarkan bahwa tidak ada pertentangan antara firman Tuhan dan pekerjaan Tuhan, dan dengan demikian tidak terdapat perselisihan antara ilmu dan agama. Dia tidak meminta saya untuk mengabaikan hukum-hukum alam dan percaya dalam hal-hal yang bertentangan dengan hukum alam tersebut. Sebaliknya, Dia mengkondisikan saya untuk mempelajari hukum-hukum alam dan mengambil manfaat darinya. Dia mengajarkan bahwa apa yang saya alami sebagai wahyu datang dari Allah dan Dia juga adalah Pencipta alam semesta, tidak boleh ada pertentangan antara apa yang Dia lakukan dengan apa yang Dia firmankan. " Dia membimbing saya untuk memahami wahyu-Nya, Dia berkehendak untuk mengajari, dan dalam rangka mewujudkan kehendak-Nya, memberikan pengajaran-Nya, dan dengan demikian memenuhi hasrat kehausan intelektual saya. "




Keempat, saya yakin terhadap Islam karena tidak ada kebobrokan alami selama mereka berada pada jalur kanan. " Tidak, semuanya bisa sirna oleh keinginan saya, saya mempunyai rencana untuk mengatur bebatuan yang tadinya berserakan tak beraturan dan di alam ini banyak hewan yang buas, seperti halnya seorang insinyur yang mengatur itu semua sehingga teratur. Sehingga dengan demikian memberikan kesejahteraan ke berbagai daerah disekitarnya, Dia telah menanamkan fitrat alami yang baik pada manusia dan hal ini bisa memandu manusia pada ketinggian kualitas moral."

Ia tidak berkata kepada saya: Allah telah memberikan yang saling cinta tetapi melarang Anda untuk memilih pasangan hidup, atau Dia yang telah memberikan manusia rasa lapar, haus dan kemampuan untuk menghargai makanan yang baik, tapi Anda telah dilarang untuk makan makanan seperti . Sebaliknya, Dia mengajarkan saya untuk cinta yang murni dan dalam cara yang tepat untuk melanggengkan keturunan dengan sistem yang suci. Sehingga izin itu saya pergunakan dalam urusan makanan juga dengan mengkonsumsinya dalam batas-batas yang semestinya dan saya harus pergi melihat tetangga yang kelaparan sehingga bisa menghilangkan kelaparan mereka. Dengan demikian akan berpegaruh baik dalam alam keinginan saya sehingga menjadi bermoral tinggi, Dia memenuhi Hubungan Kemanusiaan.




Kelima, saya yakin terhadap Islam dengan alasan telah dibicarakan tadi dengan penuh kasih sayang tidak hanya dengan saya tetapi menyangkut makhluk seluruh dunia. Dia mengajarkan saya untuk tidak mengingkari tugas saya tetapi harus menyerukan hal itu terhadap semua orang dengan adil dan Dia memilih pribadi saya untuk memberikan bimbingan dalam tujuan ini.

Untuk lebih praktisnya ada contoh: Penyalahgunaan wewenang orang tua terhadap anak-anaknya atau kurangnya kasih sayang anak-anak sehingga banyak pelanggaran moral yang dilakukan anak-anak tersebut. Untuk itulah perlunya bimbingan orang tua terhadap para anaknya dengan cukup sehingga menghasilkan hasil baik yang mengesankan. Di sisi lain, Dia menanamkan cinta dan kasih sayang orang tua kepada anak-anak mereka dan menyebabkan mereka membimbing anak-anak mereka dengan baik, melatih mereka dalam kualitas baik dan menjaga kesehatan mereka, dan juga telah menjadikan mereka ahli waris bagi orang tua mereka.

Demikian pula, Dia menanamkan kenikmatan yang terbaik dalam hubungan antara suami dan isteri dan rasa saling memerlukan satu dengan lainnya sehingga melahirkan rasa saling pengertian. Hal ini memberikan nuansa keindahan tersendiri oleh Pendiri Suci Islam.

Ketika ia bersabda:

"Orang yang bertengkar dengan istri di siang hari dan pada malam harinya bercinta dengannya, ini merupakan solusi dalam menyelesaikan konflik dengan keindahan sifat manusia."



Dia juga bersabda:

"Sebaik-baik kamu adalah orang-orang yang memelihara istri/keluarga dengan cara yang terbaik."

Sekali lagi ia berkata:

"Seorang wanita terdapat kecenderungan yang sensitif, seperti kaca, dan laki-laki seharusnya memperlakukan wanita dengan penuh hati-hati dan waspada, karena mereka akan menangani sesuatu yang bisa dipermisalkan seperti kaca."

Islam telah memberikan tekanan khusus pada pendidikan dan pelatihan bagi wanita. Nabi saw telah bersabda:

"Orang yang mempunyai anak wanita yang memperlakukannya dengan baik dan dia memberikan pelatihan dan pendidikan yang baik, maka dia akan mendapatkan surga."

Islam telah membuat anak perempuan yang ahli waris dari orang tua mereka bersama-sama dengan anak-anak.

Lagi-lagi, Dia telah meletakkan aturan-aturan yang adil untuk memberikan bimbingan terhadap hak-hak dan kewajiban antara pemerintah dan masyarakat. Ia mengatakan kepada memilki kewenangan atau amanat terhadap mereka bahwa kewenangan itu bukan milik pribadi tetapi merupakan kepercayaan dan mereka harus memikul kewajiban itu dengan konsisten dan jujur, dan pemerintah harus melakukan konfirmasi dengan masyarakat .Dia memberikan nasehat kepada pemerintah bahwa kekuasaan yang ada merupakan hadiah dari Tuhan. Untuk itulah perlu tindakan hati-hati sehingga perlu menjalin kerjasama dengan masyarakat dan masyarakat juga tidak boleh memberontak sebab tindakan seperti ini hanya akan menghancurkan apa-apa yang telah diupayakan bersama.




Dia juga telah mengatur hak dan kewajiban majikan dan pekerja. Ia mengatakan kepada majikan: Anda harus membalas pekerjanya dengan penuh sebelum keringat kering dibadan dan tidak memandang rendah kepada mereka yang bekerja untuk Anda, sebab mereka adalah saudara-saudara yang telah peduli kepada Anda oleh Allah mereka telah dijadikan sebagai pendukung dari kesejahteraan. Anda,oleh karena itu, tindakan bodoh apabila Anda menganiaya mereka karena sebetulnya mereka itu pendukung dan kekuatan Anda. Ia mengatakan kepada pekerja: Ketika Anda terlibat untuk menjalankan suatu bagian dari pekerjaan untuk seseorang, Anda dituntut untuk jujur, hati-hati dan tekun.

Ia mengatakan kepada mereka yang telah kaya dengan kelimpahan kesehatan dan fisik yang kuat bahwa mereka tidak boleh bersikap kejam terhadap yang lemah, menghina dan tidak memperlakukan orang-orang yang cacat dengan mencelai; ini sepatutnya memacu rasa kasihan terhadap orang yang seperti itu.

Ia mengatakan kepada orang-orang kaya: Anda telah diberi tugas untuk menjaga orang-orang miskin, dan anda harus menyisihkan 1/40 zakat maal Anda setiap tahunnya sehingga dapat digunakan untuk bantuan kemiskinan, penderitaan dan untuk kemajuan orang-orang yang kurangnya sarana kemajuan. Ini mengajarkan mereka untuk tidak meningkatkan cacat masyarakat miskin oleh pinjaman uang kepada mereka, tetapi pada kepentingan untuk membantu mereka dengan hadiah-hadiah gratis dan bebas kredit, yang menyatakan bahwa harta tersebut tidak diberikan kepada seorang laki-laki yang dia keluarkan dia hidup dalam hidup mewah dan ribut-ribut, tetapi ia harus menggunakannya untuk kemajuan seluruh umat manusia dan dengan demikian pantas mendapatkan pahala yang terbaik di sini dan selanjutnya.

Di sisi lain, ia juga mengajarkan kepada orang miskin supaya tidak terlihat dengan kecemburuan dan kerinduan kepada apa yang telah diberikan kepada orang lain, karena perasaan ini berangsur-angsur akan menyebabkan gelap pikiran. Sehingga bisa berakibat memahrumkan orang dari mengembangkan kualitas yang baik.Sehingga walaupun miskin tetap ikut berjuang bersama-sama orang kaya dengan memperhatikan hak dan kewajibannya dalam barisan dermawan. Ia mampu mengarahkan pemerintah untuk fasilitas bagi miskin lapisan masyarakat seperti itu untuk kemajuan dan tidak mengizinkan semua kekayaan dan kuasa yang akan terkonsentrasi di beberapa tangan.

Ia mengingatkan leluhur mereka yang telah mencapai martabat dan kehormatan sebagai hasil dari upaya yang mulia adalah mereka yang bertugas untuk menjaga martabat dan kehormatan dengan upaya-upaya mulia mereka sendiri, dan mengingatkan mereka untuk senantiasa melihat kebawah kepada orang lain yang belum diberkati, karena Allah telah membuat semua manusia sama. Ia mengingatkan mereka bahwa Allah, memberikan pujian kepada mereka, dapat memberikan pujian kepada orang lain yang lebih besar, dan bahwa jika mereka penyalahgunaan posisi ke mana mereka telah dipanggil dan fasik terhadap orang-orang yang belum kaya, mereka meletakkan dasar-dasar yang terhadap masa depan mereka sendiri oleh orang-orang yang sekarang belum melangkah dalam hal ini. Mereka seharusnya, tidak memproklamirkan kebesaran mereka sendiri, tetapi harus bangga dalam membantu orang lain untuk menjadi besar, sehingga tidak terjerumus pada kebesaran ego yang menyesatkan.




Islam mengajarkan bahwa tidak diperkenankan bangsa harus menjajah bangsa lain, juga harus melewati satu terhadap negara lain, tetapi bangsa dan negara harus bekerjasama satu sama lain untuk tujuan kepentingan kemajuan seluruh umat manusia. Ia melarang beberapa bangsa, negara dan individu dari tindakan satu sama lain untuk melakukan makar terhadap bangsa dan negara lain atau perorangan. Di sisi lain, ia mengajarkan bahwa bangsa, negara dan individu harus berjanji satu dengan yang lain untuk menahan agresi dari satu sama lain dan untuk saling bekerjasama dalam kemajuan mereka sebelumnya.

Singkatnya, saya temukan bahwa Islam menyediakan kondisi keamanan dan kenyamanan bagi saya dan untuk semua orang yang mungkin ingin menapaki jalan yang ditentukan oleh-Nya. Sehingga memberikan manfaat pada semua baik secara individu, kelompok ataupun bangsa dan negara. Hal ini memberkahi semu baik pria ataupun wanita, tua ataupun muda. Saya percaya di dalamnya dengan kepercayaan yang benar, sehingga tidak ada celah lagi untuk memberikan dan menerima sesuatu yang lain pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Jubilee Khilafat

Love For All...

Ayaddahu Biruhil Qudus

Harap Kembali, pintu selalu terbuka.

Jazakumullah ahsanal jaza... Terimakasih atas kunjungannya, semoga diberkahi dan lain kali berkunjung kembali.